Tingkatkan SDM BKB dan PLKB

2010-12-15 05:36:40

BKBP3A Gelar Temu Kreatif Kader BKB

2010-12-15  05:37:04

TENGGARONG- Dalam rangka meningkatkan SDM kader kelompok Bina Keluarga Balita (BKB), Badan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (BKBP3A) Kutai Kartanegara, Selasa (14/12) menggelar temu kreatif kader kelompok BKB.
Kepala BKBP3A Kukar, Maria Laura Sari mengharapkan, pertemuan yang diisi dengan pelatihan singkat berupa simulasi dan praktik langsung selama tiga hari itu dapat memberikan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan kepada kader dalam memberikan penyuluhan kepada keluarga, masyarakat khususnya para orang tua untuk membina tumbuh kembang anak secara optimal.
Dijelaskan, program KB nasional yang awalnya menekankan pada aspek pengendalian kelahiran diakui mampu menurunkan laju pertumbuhan penduduk dan angka fertilitas yang cukup tinggi di Indonesia.
"Namun saat ini kebijakan program KB lebih mengedepankan aspek hak azasi manusia dalam arus pembangunan sesuai dengan perkembangan aliran pembangunan lain di tingkat global dan nasional," terang Maria.
Dengan adanya pengaruh dimaksud, lanjut Maria, maka visi program KB diarahkan untuk mewujudkan keluarga berkualitas, yaitu keluarga sejahtera, sehat, maju dan mandiri, jumlah anak yang ideal, berwawasan ke depan, bertanggung jawab harmonis dan bertaqwa.
Dalam upaya tersebut, program KB melakukan integrasi program-program yang mendukung terwujudnya keluarga berkualitas, diantaranya adalah program BKB yang kegiatanya dilakukan secara terpadu dengan kegiatan Posyandu.
"Melalui program BKB, diharapkan setiap keluarga dapat meningkatkan kemampuannya terutama dalam membina anak-anak balita dan anak usia pra sekolah sehingga anak dapat tumbuh dan berkembang hingga desawa secara optimal," kata Maria.
Dijelaskan pula, program BKB bertujuan meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kesadaran ibu serta anggota keluarga lain dalam membina tumbuh kembang balitanya melalui fisik, mental, intelektual dan spiritual, sosial, emosional serta moral yang berlangsung dalam proses interaksi antara ibu dan anaknya.
Sementara ketua penitia kegiatan, Edward dalam laporannya mengatakan, pelatihan yang berlangsung selama tiga hari itu akan diisi dengan materi pengenalan program-program dari bidang kesejahteraan keluarga.
Pelatihan diikuti 60 orang peserta yang terdiri dari kader BKB sebanyak 50 orang dan PLKB 10 orang. yd

Baca Edisi Cetak Harian Umum Poskota Kaltim


New User Login




Video News
To watch this video, you need the latest Flash-Player and active javascript in your browser.
Pasang iklan anda disini...

 
 
 
Iklan...
Raih sukses didepan mata
Media promosi online poskota kaltim.com sarana terpercaya untuk mempromosikan usaha anda dalam sekejap akan dilihat oleh dunia

Ucapan Terima Kasih
Segenap Pimpinan dan Seluruh Staff Atas kepercayaan Anda Membuka WebSite Kami

Hotline
Editorial
Solusi
Surat Pembaca
Polling
Berita apa saja yang menurut anda sangat diminati pembaca poskotakaltim
Daerah
pariwisata
hukum
Pendidikan
perekonomian
semua berita
 
total pemilih : 2456 | Lihat Hasil
Pasang iklan anda disini...