Kebakaran Besar Landa Perumahan Guru Tenggarong

2009-07-28 13:46:35

Hanguskan 34 Rumah, 1 Tempat Ibadah dan 2 Unit Mobil

2009-07-28 10:47:37

Poskota Kaltim.Com-TENGGARONG : Kebakaran hebat melanda kawasan pemukiman padat penduduk Jalan Stadion Timur RT XXI, Kelurahan Panji, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kukar, Selasa (28/7) sekitar pukul 15.28 kemarin. Akibatnya, 34 rumah plus 1 tempat ibadah ludes dilalap si jago merah. Diduga kebakaran terjadi karena ledakan kompor.
Delapan unit mobil pemadam kebakaran langsung dikerahkan untuk memadamkan api. Namun upaya pemadaman yang dilakukan oleh petugas mengalami kendala karena banyaknya masyarakat yang menyaksikan peristiwa tersebut. Belum lagi hembusan angin yang kencang semakin membuat kobaran api membesar. Kobaran api baru berhasil dijinakkan sekitar 3 jam kemudian.
"Kita juga mengalami kesulitan untuk menjangkau titik api, karena jalan yang sempit," ujar Kepala Kantor Penanggulangan Kebakaran Kukar Haris Indrianto, kepada media ini di lokasi kebakaran.
Warga yang panik melihat api semakin membesar berupaya menyelamatkan harta bendanya. Namun tidak sedikit dari meraka hanya berlari menjauhi api tanpa sempat membawa harta benda. Bahkan, 2 unit mobil dan 1 unit sepeda motor hangus terbakar.
Beberapa warga sekitar juga nampak berusaha membantu memadamkan api dengan alat seadannya. Teriakan histeris dan suara adzan dari beberapa warga sekitar terus terdengar selama kebakaran terjadi.
Menurut keterangan warga sekitar, api bermula dari salah satu rumah warga. Sebelum api membesar sempat terdengar suara ledakan. "Sepertinya penyebabnya adalah kompor, karena terdengar suara ledakan," ujar warga sekitar kepada Poskota Kaltim.
Lurah Panji Ata Kostaman mengatakan, kebakaran itu mengakibatkan 34 rumah dan 1 tempat ibadah hangus terbakar. "35 rumah itu termasuk 1 tempat ibadah. Total korban sementara adalah 175 jiwa, sedangkan jumlah KK-nya belum bisa kita pastikan," ujar Ata menjelaskan kepada Pj Bupati Sjachruddin saat meninjau lokasi kebakaran.
Ata menjelaskan, pihaknya telah mempersiapkan lokasi yang nantinya akan dibangun sebagai posko bantuan. "Lokasi sementara kita tempatkan didepan rumah warga, mengenai tendanya sudah siap," jelas Ata.
Pj Bupati Kukar Sjachruddin MS mengaku prihatin atas peristiwa tersebut. "Jelas kita prihatin, karena musibah kebakaran ini sudah beberapa kali terjadi. Bahkan, menurut informasi kebakaran dilokasi ini juga pernah terjadi beberapa tahun yang lalu. Kasihan mereka, hanya dalam waktu satu setengah jam puluhan rumah terbakar begitu saja, belum lagi banyak korban yang kehilangan surat-surat penting, seperti ijazah," ujar Sjachruddin.
Sjachruddin mengatakan, akan memberikan bantuan secepatnya bagi para korban kebakaran. "Bantuan akan kita berikan malam ini, karena para korban sangat membutuhkan bantuan itu," kata Sjachruddin.
Terkait akan hal tersebut, Sjachruddin menghimbau kepada seluruh masyarakat Kukar agar bersama-sama meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran.
"Kita menghimbau kepada masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan. Baik itu mengenai kompor, maupun listrik. Sebelum meninggalkan rumah, hendaknya kompor dimatikan. Begitu juga dengan kebel-kabel yang sudah lama agar segera diganti. Apalagi kita akan memasuki bulan puasa yang jelas akan meningkatkan aktivitas didapur," harap Sjachruddin.
Kapolres Kukar AKBP Dono Indorto SIk membenarkan peristiwa tersebut. Hanya saja, pihaknya belum bisa memastikan penyebab terjadinya kebakaran.ian

Baca Edisi Cetak Harian Umum Poskota Kaltim

Selasa 21 Oktober 2014
Selasa 21 Oktober 2014
New User Login




Video News
To watch this video, you need the latest Flash-Player and active javascript in your browser.
Pasang iklan anda disini...

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Iklan...
Raih sukses didepan mata
Media promosi online poskota kaltim.com sarana terpercaya untuk mempromosikan usaha anda dalam sekejap akan dilihat oleh dunia

Ucapan Terima Kasih
Segenap Pimpinan dan Seluruh Staff Atas kepercayaan Anda Membuka WebSite Kami

Hotline
Editorial
Solusi
Surat Pembaca
Polling
Berita apa saja yang menurut anda sangat diminati pembaca poskotakaltim
Daerah
pariwisata
hukum
Pendidikan
perekonomian
semua berita
 
total pemilih : 2478 | Lihat Hasil
Pasang iklan anda disini...